Peluang Usaha Agen Bank
Terbatasnya akses perbankan di sebagian besar masyarakat membuka peluang bisnis menjadi agen bank bni46 yang menyasar masyarakat melalui program digital branchless banking.
Bagaimana caranya menjadi agen digital bank ini ?
Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) jadi pilihan bank untuk menjangkau nasabah di berbagai pelosok. Branchless banking juga membuat biaya transaksi jadi lebih murah.
Di sisi lain, layanan Laku Pandai ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi para pelaku usaha di Indonesia. Karena fee yang dijanjikan oleh bank cukup lumayan.
Program Laku Pandai diluncurkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Maret 2015 silam. Program yang juga dikenal dengan sebutan branchless banking ini bertujuan mempermudah segenap lapisan masyarakat di berbagai wilayah Indonesia mengakses layanan perbankan.
Dengan Laku Pandai, warga bisa tetap mengakses layanan bank meskipun di area sekitarnya tidak ada kantor bank yang beroperasi. Teknologi digital, memungkinkan semua ini.
Laku Pandai merupakan hasil kerjasama antara perbankan dan pihak ketiga sebagai agen. Si agen bisa orang yang memiliki warung, guru atau pensiunan, yang mendapatkan dukungan teknologi informasi. Si agen inilah yang kemudian menjadi perpanjangan tangan perbankan dalam melayani nasabah.
Ini daftar bank – bank yang menawarkan program Laku Pandai ke masyarakat.
1. Agen46 BNI
Untuk program Laku Pandai, BNI memiliki Agen46 yang melayani pembukaan tabungan, setoran tunai, registrasi uang elektronik, transfer, pembayaran listrik, pembayaran asuransi BPJS, PDAM, pembiayaan atau leasing, pembelian tiket, pulsa dan token listrik.
Melalui Agen46, nasabah juga bisa mengakses layanan kredit usaha rakyat (KUR) dan asuransi mikro. Agen46 juga berperan aktif mendukung program pemerintah meningkatkan layanan perbankan sampai ke pelosok.
Prospeknya bagus, karena demografi dan geografi Indonesia sangat luas.
Sampai Juli 2018, jumlah agen laku pandai BNI mencapai 97.000 agen. Target ini akan terus ditingkatkan dengan berbagai cara.
Dalam strategi pengembangan, BNI membidik pelayanan untuk nasabah komunitas, baik komunitas penerima bantuan sosial maupun komunitas penerima kartu tani dan lainnya.
Namun sejauh ini, Agen46 banyak melayani transaksi perbankan dan pembayaran tagihan.
2. BRI Link
Perbankan lain yang terbilang serius menggarap program Laku Pandai adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI). Sampai Juni 2018, perbankan pelat merah ini telah memiliki agen Laku Pandai BRILink sebanyak 244.000 agen dengan total nasabah 9 juta nasabah.
Bambang Tribaroto, Sekretaris Perusahaan BRI menjelaskan, BRI berusaha meningkatkan produktivitas agen untuk meningkatkan transaksi. “BRI selalu menjaga produktivitas agen dengan cara mengevaluasi, melakukan monitoring serta memberikan pelatihan ke Agen BRILink,” jelas Bambang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar